Thursday, November 07, 2013

Resume : Analisis Lingkungan Manajemen Dan Bisnis



The American Fur Company

The American Fur Company adalah sebuah perusahaan monopoli terbesar yang dibangun pada era iklim perdagangan bulu. Yang dibangun pada tahun 1808 oleh John Jacob Astor, seorang imigran pekerja keras asal Jerman. Sebagai seorang manajer, kualitas yang dimiliki Astor sangat mengagumkan, dia seorang pekerja keras, percaya diri dan seorang negosiator yang hebat. Perencanaannya yang cermat dan ketelitiannya terhadap perusahaan membuktikan bahwa dia adalah seorang manajer yang luar biasa. Ia memiliki pemikiran yang tajam untuk kemajuan perusahaan. Tindakan yang ia lakukan untuk mencapai keuntungan dalam perdagangannya terhadap lawan bisnisnya dan politisi menunjukkan bahwa dia membutuhkan kekuatan dan pengaruh yang besar untuk mengontrol perusahaannya.
Keberanian Astor dalam mengambil resiko dan merencanakan taktik merupakan salah satu cara untuk  sukses dalam mendapatkan menjalankan perusahaan untuk mendapat keuntungan. Dan sebagai seorang manajer Astor juga harus melakukan apapun untuk mempertahankan usahanya. Dalam dunia bisnis keberanian dalam mengambil keputusan dan kerja keras adalah hal yang mutlak diperlukan. Stakeholder yang paling penting dalam menjalankan perusahaan astor adalah orang-orang Indian. Mereka digunakan untuk menjebak binatang, menguliti dan mempersiapkan kulit yang siap diperdagangkan. Pada masa itu, mereka hanya memperdagangkan bulu kepada kelompok yang memberikan imbalan dengan layak atau yang lebih tinggi.
Astor membangun bisnisnya  untuk kepentingan pribadi dan masyarakat karena dia menggunakan sumber daya pekerja seperti orang Indian karena ia tahu ia akan mendapatkan sesuatu yang mereka sukai. Mereka juga memberikan produk yang tahan lama. Sedangkan pemerintahan didekati untuk melancarkan bisnis dan memonopoli perdagangan. Pada masa itu perdagangan ini membuat dampak besar bagi perubahan kapitalisme karena perdagangan pada masa itu perlahan-lahan dilakukan dengan kebijakan pemerintah. Dan selama bertahun-tahun kapitalisme pun berubah karena The American Fur Company tidak lagi memonopoli pasar..
Sisi positif dari berdirinya  The American Fur Company ini berdampak pada pertumbuhan Ekonomi yang semakin baik dan munculnya kota-kota berkembang karena adanya pusat-pusat perdagangan, dan juga dapat membuka jalan-jalan di wilayah baru. Sisi negatifnya menyebabkan terjadinya kerusakan ekologi yang luas yaitu memusnahkan populasi hewan dan penggundulan hutan, juga penggerogotan budaya Indian.

No comments: