Thursday, April 03, 2014

Perbedaan Sikap, Perilaku, Moral, Etika, Akhlak, Sopan santun, Mulia

Perbedaan Sikap, Perilaku, Moral, Etika, Akhlak, Sopan santun, Mulia

1. Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu.
Robbins, Stephen p, perilaku organisasi , buku 1,2007, Jakarta: salemba empat

2. Perilaku adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan di pengaruhi oleh adat, sikap, emosi ,nilai, etika, kekuasaan, persuasi dan/atau genetika. 
Albarranci  Dolores, blair t. Johnson, Mark p. zanna, the handbook of attitude, routledge, 2005

3. Moral berasal dari bahasa latin yaitu mos, yang berarti adat istiadat yang menjadi dasar untuk mengukur apakah perbuatan seseorang baik atau buruk. Dapat dikatakan baik buruk suatu perbuatan secara moral bersifat local.
Charles F Andrian, kehidupan politik dan perubahan sosial (terjemahan lukman hakim), yokyakarta : tiara wacana yokya. Hlm:69

4. Etika adalah ilmu yang membahas tentang moralitas atau tentang manusia sejauh berkaitan dengan moralitas.
Auton Bakker, 1984, metode-metode filsafat, Jakarta: ghalia Indonesia, hlm: 48

5. Akhlak adalah tingkah laku baik, buruk, salah benar, penilaian ini dipandang dari sudut hokum yang ada di dalam ajaran agama.
Auton Bakker, 1984, metode-metode filsafat, Jakarta: ghalia Indonesia, hlm: 48

6. Sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu. Norma kesopanan bersifat relative, artiny a apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda diberbagai tempat, lingkungan, atau waktu.

Khusus untuk  haris tloeng  ganti sm yg  dibawah ini
7. Moral (bahasa latin moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lain dalam tindakan yang mempunyai nilai positif.


No comments: