Thursday, April 03, 2014

PERILAKU ORGANISASI DEFINISI ETIKA SIKAP PERILAKU MORAL AKHLAK

PERILAKU ORGANISASI DEFINISI ETIKA SIKAP PERILAKU MORAL AKHLAK

PENGERTIAN ETIKA ?
Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini:
1.      Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
2.      Drs. Sidi Gajalba Dalam Sistematika Filsafat
Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia di pandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
PENGERTIAN PERILAKU ?
1.      Perilaku merupakan totalitas penghayatan dan aktivitas, yang merupakan hasil akhir jalinan yang saling mempengaruhi antara berbagai macam gejala seperti perhatian, pengamatan, pikiran, ingatan, dan fantasi ( Notoatmodjo 2003 : 135 ).
2.      Perilaku merupakan hasil hubungan antara perangsang (stimulus) dan tanggapan (respon) dan respon ( Skinner dalam Notoatmodjo 1997 ).
3.      Perilaku merupakan suatu kegiatan atau kegiatan organisme atau makhluk hidup yang bersangkutan ( Taufik 2007 )
PENGERTIAN AKHLAK ? 
  1. Imam Al-Ghazali
Akhlak ialah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa. Daripada jiwa itu ,timbul perbuatan perbuatan dengan mudah tanpa melakukan pertimbangan pikiran.
  1. Prof. DR. Ahmad Amin
Akhlak sebagai kehendak yang dibiasakan Maksudnya, sesuatu yang mencirikan akhlakitu ialah kehendak yang dibiasakan.  Artinya, kehendak itu apabila membiasakan sesuatu, maka kebiasaan itu dinamakan akhlak. Ahmad Amin menjelaskan arti kehendak itu ialah ketentuan daripada beberapa keinginan manusia. Manakala kebiasaan pula ialah perbuatan yang diulang-ulang sehingga mudah melakukannya. Daripada kehendak dan kebiasaan ini mempunyai kekatan ke arah menimbulkan apa yang disebut sebagai akhlak.
  1. Ibnu Maskawayh
Akhlak ialah suatu keadaan bagi diri atau jiwa yang mendorong ( diri atau jiwa itu ) untuk melakukan perbuatan  dengan senang  tanpa di dahului oleh daya pemikiran karena sudah menjadi kebiasaan.
PENGERTIAN SIKAP ?
1.      Sikap merupakan suatu keadaan internal (internal state) yang mempengaruhi pilihan tidakan individu terhadap beberapa obyek, pribadi, dan peristiwa. Masih banyak lagi definisi sikap yang lain, sebenarnya agak berlainan, akan tetapi keragaman pengertian tersebut disebabkan oleh sudut pandang dari penulis yang berbeda. Namun demikian, jika dicermati hampir semua batasan sikap memiliki kesamaan pandang, bahwa sikap merupakan suatu  keadaan internal atau keadaan yang masih ada dalam dari manusia. Keadaan internal tersebut berupa keyakinan yang diperoleh dari proses akomodasi dan asimilasi pengetahuan yang mereka dapatkan, sebagaimana pendapat Piaget’s tentang proses perkembangan kognitif manusia ( Gagne  1974 )
2.      Sikap merupakan suatu kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, positif atau negativ terhadap berbagai keadaan sosial, apakah itu institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan sebagainya ( Howard dan Kendler 1974, Gerungan 2000 ).
PENGERTIAN MORAL ?
1.      Moralitas adalah sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan etiket atau adat sopan santun (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990, Balai Pustaka, cet.Ke III: 2288







No comments: