Saturday, December 06, 2014

Jenis Pengambilan Keputusan


Jenis Pengambilan Keputusan

Jenis utama
Ada banyak jenis pengambilan keputusan dan ini dapat dengan mudah dikategorikan ke dalam 4 kelompok berikut:
    Rasional
    Intuitif
    Kombinasi
    Satisficing
    Sistem Pendukung Keputusan
    Pengakuan pengambilan keputusan prima
Rasional
Pengambilan keputusan rasional adalah yang paling umum dari jenis pengambilan keputusan yang diajarkan dan dipelajari ketika orang memutuskan bahwa mereka ingin meningkatkan pengambilan keputusan mereka. Ini logis, model sekuensial di mana penekanannya adalah pada daftar banyak pilihan potensial dan kemudian bekerja keluar yang terbaik. Seringkali pro dan kontra dari setiap pilihan juga tercantum dan mencetak gol di urutan kepentingan.
Aspek rasional menunjukkan bahwa ada alasan yang cukup dan berpikir dilakukan dalam rangka untuk memilih pilihan yang optimal. Karena kita menempatkan seperti penekanan pada berpikir dan mendapatkan benar dalam masyarakat kita, ada banyak dari model ini dan mereka sangat populer. Orang ingin tahu apa langkah-langkah yang dan banyak model ini memiliki langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka.
Orang ingin tahu apa yang masa depan, yang membuat model ini populer. Karena alasan dan alasan di balik berbagai langkah adalah bahwa jika Anda melakukan x, maka y harus terjadi. Namun, kebanyakan orang memiliki pengalaman pribadi bahwa dunia biasanya tidak bekerja seperti itu!
Intuitif
Kedua jenis pengambilan keputusan adalah model intuitif. Idenya di sini adalah bahwa mungkin ada benar-benar tidak ada alasan atau logika untuk proses pengambilan keputusan. Sebaliknya, ada bagian yang mengetahui, atau intuisi , atau semacam rasa apa hal yang benar untuk dilakukan adalah.

Dan mungkin ada banyak jenis intuitif pengambilan keputusan karena ada orang-orang. Orang bisa merasakannya dalam hati mereka, atau tulang mereka, atau dalam usus mereka dan sebagainya. Ada juga berbagai cara bagi orang untuk menerima informasi, baik dalam gambar atau kata-kata atau suara.
Orang-orang berbicara tentang persepsi sensorik tambahan juga. Namun, mereka masih benar-benar mengambil informasi melalui pancaindra mereka. Clair kesanggupan adalah di mana orang merasa hal, penonton clair yang mendengar hal-hal dan clairvoyance adalah melihat hal-hal.
Dan tentu saja kita harus frase seperti 'Aku mencium tikus', 'baunya amis' dan 'Aku bisa merasakan kesuksesan ke depan'.
Jenis lain dari pengambilan keputusan dalam kategori intuitif mungkin termasuk melempar koin, lempar dadu, kartu tarot, astrologi, dan sebagainya.
Roda Keputusan biasanya lebih lucu daripada intuitif tetapi mereka memiliki aplikasi yang serius.


Kombinasi
Banyak keputusan yang sebenarnya adalah hasil dari kombinasi dari proses rasional dan intuitif. Hal ini dapat disengaja di mana seseorang menggabungkan aspek kedua, atau dapat terjadi tanpa disadari.
Misalnya, seseorang telah terdaftar pro dan kontra dari pilihan, ditetapkan nilai numerik dan menambahkan mereka semua. (Bagian rasional.) Tetapi hasil akhirnya adalah tidak benar-benar memuaskan, mereka gelisah entah bagaimana (bagian intuitif), sehingga mereka mengubah parameter, dan angka menambahkan berbeda. Hasil baru ini lebih 'memuaskan', sehingga mereka pergi dengan yang satu.

Satisficing
Alih-alih mengevaluasi semua pilihan yang mungkin dan memilih yang terbaik, satisficing adalah di mana kita memilih yang pertama yang akan memberi kita hasil. Kami memilih opsi yang 'cukup baik', salah satu yang memenuhi kebutuhan dan pengorbanan lainnya pilihan berpotensi lebih baik kami. Oleh karena itu, satisfice .

Sistem Pendukung Keputusan
Karena komputer dapat memproses data dalam jumlah besar secara cepat, mereka segera dimanfaatkan untuk membantu membuat keputusan. Sistem Pendukung Keputusan berkisar dari spreadsheet sederhana untuk mengatur informasi grafis, program yang sangat kompleks mengorganisir informasi di perusahaan-perusahaan internasional dan termasuk kecerdasan buatan yang dapat menyarankan Pilihan alternatif dan solusi.
Ada berbagai jenis pengambilan keputusan sistem tergantung pada berapa banyak orang yang terlibat, bentuk informasi yang sedang diproses, apa jenis hasil yang diperlukan, dan sebagainya.
Ada pro dan kontra untuk menggunakan komputer dengan cara ini, dan tentu saja, komputer hanya sebagai baik sebagai informasi yang sedang memproses. Yang berarti bahwa itu masih datang ke manusia ...!

Pengakuan prima ...
Gary Klein telah menghabiskan banyak waktu mempelajari pengambilan keputusan manusia dan hasilnya sangat menarik. Ia percaya bahwa kita membuat 90 sampai 95% dari keputusan kita dalam pengenalan pola cara. Dia menunjukkan bahwa apa yang kita benar-benar lakukan adalah mengumpulkan informasi dari lingkungan kita dalam kaitannya dengan keputusan kita ingin membuat. Kami kemudian memilih pilihan yang kita pikirkan akan bekerja. Kami membacakan secara mental dan jika kita masih berpikir itu akan bekerja, kita pergi ke depan.
Jika tidak bekerja secara mental, kita memilih pilihan lain dan menjalankan bahwa melalui di kepala kita sebagai gantinya. Jika yang tampaknya bekerja, kami pergi dengan yang satu. Kami memilih skenario satu per satu, mental memeriksa mereka, dan segera setelah kami menemukan satu yang bekerja, kita memilih.
Dia juga menunjukkan bahwa ketika kita mendapatkan lebih banyak pengalaman, kita bisa mengenali lebih pola, dan kami membuat pilihan yang lebih baik lebih cepat.

Yang menarik di sini adalah bahwa militer di banyak negara telah beradaptasi metode karena mereka jauh lebih efektif daripada jenis pengambilan keputusan yang telah kita bahas sudah. Bahkan, Anda bisa mengatakan bahwa modelnya adalah kombinasi dari pendekatan rasional dan intuitif. (Itu sebabnya saya katakan di atas bahwa hanya ada 4 kelompok!) Ini juga merupakan contoh satisficing!

sumber Asli : http://www.decision-making-confidence.com/types-of-decision-making.html

No comments: