Friday, May 18, 2012

Manajemen Mas Media Dakwah (Analisi TOWS Media Radio dan Internet)


Analisi TOWS Media Radio dan Internet
A.    Analisi TOWS Media Radio

1.      Threats (Peluang)
a.       Kemampuan masyarakat
Keadaan masyarakat Indonesia jauh lebih baik
b.      Perkembangan daerah
Kebudayaan radio telah mengakar pada masyarakat luar, masyarakat bawah pun telah telah terbiasa di temani radio pada setiap kesempatan
c.       budaya mendegar
Ada yang berpedapat bahwasanya budaya masyarakat Indonesia dewasa ini seperti masyarakat tradisional umum nya, yang di tandai dengan lebih menonjola budaya mendegar pada umum nya.

2.      Opportunities (Ancaman)
Perkembangan media TV dan internet yang lebih pesat dan hamper mecakup sebagian besar wilayah di seluruh dunia dan makin bertambah nya peminat atas kedua nya

3.      Weaknesses (Kelemahan)
a.       Selintas : Siran radio cepat hilang dan gampang di lupakan, pendengar tidak bisa mengulang apa yang di ucapkan sang penyiar, semudah membalikan majalah atau Koran
b.      Global : sajian informasi radio bersifal global atau umum
c.       Batas waktu : umum nya siaran radio buka pukul 05 : 00 sampai pukul 24 : 00 maksimal 20 jam bila memungkinkan
d.      Ber alur linier : program acara di sajikan atu dinikmati berdasarkan urutan yang sudah ada, tidak seperti majalah atau Koran yang bisa lansung kehalaman tengah aatu akhir sesuai dengan keinginan nya
e.       Megandung ganguan : terkadang pendengar radio megalami ganguan secara tekhnis seperti suara yang tenggelam atau tidak jelas

4.      Strengths (Kekuatan)
a.       Menjangkau jumlah khalayak sasaran yang besar pada waktu yang bersamaan
b.      Menjangkau individu atau kelompok masyarakat yang hidup terpencil dan terpencar seperti kehidupan masyarakat agraris pada umum nya
c.       Cepat menyampaikan pesan sehinggga dapat Memberikan informasi muthakir yang berguna
d.      Mengatasi berbagai kendala geografis
e.       Mudah di mengerti dan tidak memerlukan kemampuan membaca yang memang belum banyak di miliki rakyat kebanyakan
f.       Akrab
g.      Hangat
h.      Imajinatif : sifat auditif yang ditampilkan radio siaran memilki keunggulan untuk meransang imajinasi pendengar
i.        Murah
j.        Alternative beragam : bisa memilih frekuensi siaran  yang di inginkan


B. Analisi TOWS Media Internet
1.      Threats (Peluang)
a.       Media yang lebih efektif dalam penggunaannya
b.      Peluang bisnis
c.       Peluang mendirikan perusahaan pembuatan situs
d.      Dapat berkreasi secara bebas




2.      Opportunities (Ancaman)
a.       Virus yang dapat merusak data atau situs yang ada
b.      Bila tidak ada nya aliran listrik atau sinyal yangmendukung

3.      Weaknesses (kelemahan)
a.       Terdapat nya situs yang tidak baik (pornografi)
b.      Perlu nya kabel LAN atau WIFi
c.       Perlunya pengawasan orang tua atau guru terhadap murid dalam menggunakan internet
d.      SDM yang belum memadai

4.      Strengths (Kekuatan)
a.       Sebuah media yang dapat berupa teks, ganbar, suara dan video di tambah dengan kemampuan interaktifnya mengalahkan kemampuan segenap media yang pernah ada
b.      Keberadaan arsip yang dapat di akses setiap saat dan juga dapat melihat berita atau artikel yang telah terjadi sebelumnya
c.       Dapat meghubungkan orang antar Negara di seluruh dunia yang mana di dalam nya terdapat berbagai macam sumber informasi yang statis hingga dinamis dan interaktif
d.      Pembaca dapat memberi komentar atau umpan balik pada setiap artikel
e.       Gudang informasi di seluruh dunia
f.       Tersedia setiap waktu (24 jam)
g.      Sebagai sarana untuk mengasah kemapuan diri





No comments: