Sunday, November 23, 2014

RPP BAHASA INGGRIS K13 SMP DAN SMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS

Sekolah                            : SM
Alamat                             :
Kelas/Semester                   :VII/ 1                        
Materi Pokok                      : interpersonal teks
Keterampilan (fokus)         : Listening and speaking
Topik                               : Greeting and introduction /Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru
dan  siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit  ( 4 kali pertemuan)
                                                                                           
A.       KOMPETENSIINTI
1.    Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASARDAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
KD 1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

KD 2.2
Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

KD 2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

KD 3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaanpadaungkapanperkenalandiri, sertaresponnya, sesuaidengankontekspenggunaannya.
   
KD 4.2
Menyusun teks lisan dan tulissederhana untuk menyatakan, menanyakandanmeresponperkenalandiri, denganmemperhatikanfungsi social, strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuaikonteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.2
      1.Mengindentifikasi ( C1 ) ungkapan- ungkapan  dalam teks perkenalan diri dan responnya yang
biasa dipakai dalam kehidupan sehari –hari.
 2.memberi contoh (C2) ungkapan perkenalan diri dan responnya
KD 4.2
  1.mencoba ( P2 ) ungkapan perkenalan diri yang di ucapkan oleh guru.
 2. Menunjukkan (p) ungkapan-ungkapanperkenalandirididalamkehidupansehari-hari.

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Kognitif(ref. KD 3.2)
·         Siswadapatmenyebutkan(C1)fungsisosialstrukturteks, danunsurkebahasanpadaungkapanperkenalandiri,sertaresponnya, sesuaidengankontekspenggunaannya.
·         Siswadapatmenunjukkan(C2)Fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaanpadaungkapanPerkenalandiri, sertaresponnyasesuaidengankontekspenggunaanya.

2.    Psikomotor(ref. KD 4.2)
·       Siswa dapat menunjukkan  (P2) teks lisan untuk menanyakan dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·       Siswa dapat menyusun  (P2) teks tulis untuk menanyakan dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

D.       MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial
 Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
·         Hello my name is Sarah. I live in...( formal)
·         I ‘m Rico and you? ( informal)
·         How do you spell your name?
Unsur kebahasaan
·   Kosa kata,
·   Tata bahasa be, am, is, are
·    Kata ganti : I, he, she, they, you, we, it
·   Kata ganti kepunyaan : my, your, his, her, their etc
·   tekanan kata, dan intonasi

E.       METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                       : Ilmiah
Langkah Pembelajaran     : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
                                                Mengasosiasikan,mengkomunikasikan
Model/Teknik                   : Communicative approach/ Role – Play, scramble
Strategi                              : inquiry-based instruction (exploration, elaboration, confirmation)

F.        MEDIA , ALAT, SUMBERPEMBELAJARAN
Media: Video, Contoh teks tertulis, Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
Alat: Laptop, in focus
Sumber Belajar   : Buku teks Bahasa  Inggris : English Ring The Bell

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu:
1.    Pendahuluan (5 menit)
a)    Salam dan tegur sapa, berdoa
b)   Apersepsi
1)      Guru menyapa peserta didik dengan sapaan “Good Morning”.
2)      Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang ungkapan perkenalan dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran


2.         Inti (70 menit)

untuk lebih lanjut RPP BAHASA INGGRIS K13 SMP DAN SMA,  yang full review, silakan Hub alamat email saya ahmadi.nanda1990@gmail.com

sekian terima kasih

No comments: