Saturday, November 15, 2014

Tugas Perencanaan dan Manajemen Strategik

PERENCANAAN DAN MENAJEMEN STRATEGIK

1.      Aspek-aspek perencanaan

Perencanaan a dalah proses  mendefinisi tujuan organisasi dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Perencanaan merupakan salah satu fungsi utama manajemen. Perencanaan mempunyai unsur formal dan tidak formal.
Perencanaan tidak formal ( informal planning ) merupakan proses secara intuitif memutuskan tujuan-tujuan dan aktifitas-aktifitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan formal adalah ( formal planning ) adalah proses menggunakan investigasi yang kaku untuk menentukan tujuan, memutuskan aktifitas , dan secara formal mendokumentasikan ekspektasi  organisasi. Tujuan dan sasaran adalah target performa atau hasil akhir yang manajer berusaha mencapai melalui usaha yang di organisasi.
 Hierarki sasaran ( objectives)
                        Pada tingkat eksekutif sasaran adalah strategi dan berhubungan dengan masalah-masalah perencanaan. Tujuan strategic( strategic objectives ) merupakan target performa yang berhubungan dengan usaha-usaha jangka panjang.
                        Sasaran taktis ( tactical objectives ) merupakan target performa jangka menengah untuk mencapai hasil yang terbatas . sedangkan sasaran operasional ( operational objectives ) merupakan target performa jangka pendek. Hirarki sasaran yang baik antara lain mempunyai karakteristik yaitu harus spesifik, dapat di ukur, realistic, dan mempunyai periode waktu yang tetap untuk pencapaiannya. hirarki rencana organisasi menuruk Harold koontz sedangkan hubungan antara sasaran dan hierarki organisasi menurut A.F.stoner, manajemen bedasarkan sasaran (M B O = manajemen by objektif) M B O adalah suatu teknik untuk melibatkan karyawan pada smua tingkat seca bersama mendefinisikan sasaran dan mengendalikan hasilnya, manajemen dibagi atas tingkatan –tingkatan perencanaan dan tanggung jawab.
          Proses M B O
Proses M B O terdiri atas empat langkah khusus yaitu:
1.      Menetukan sasaran
2.      Menspesikasi rencana tindakan
3.      Penelaahan perfoma
4.      Koreksi dan adaptasi                                                                                                                                                                      
Mamfaat M B O (carrol and tosi)
1.      Pogram M B O memungkinkan individu mengetahui apa yang diharakan dari mereka
2.      Pogram M B O membantu dalam dalam perencanaan dengan membuat manejer menetepkan sasaran dan waktu yang ditargetkan
3.      Progam M B O memperbaiki komunikasi antara manajer dan bawahan
4.      Pogram M B O mambuat setiap individu lebih mengetahui sasaran organisasi
5.      Pogram M B O membuat proses penilaian lebih wajar dengan memusatkan perhatian pada pencapaiaan.

Kelemahan- kelemahan M B O
1.      Kegagalan mengajarkan falsafah M B O oleh menejer  kepada bawahan
2.      Kegagalan memberikan garis-garis pedoman kepada para penetap tujuan
3.      Kesulitan dalam menetapkan tujuan
4.      Bahaya ketidak luwesan
5.      Sifat-sifat tujuan yang jangka pendek (kurang lebih satu tahun) munkin akan mengrugikan jangka pnjang.

manajemen strategic dan perencanaan strategik
Menurut George A.Steiner dan john B Miner,manajemen strategic adalah berkenaan dengan menghubungkan organisasi dengan lingkungannya, merumuskan strategic untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut, dan memastikan bahwa implementasi strategi berjalan dengan lancer dan baik.
Perencanaan strategic(strategic planning/corporate planning) merupakan bagian penting (essential part )dari manajemen strategic.perencanaan strategic merupakan aspek utama manajemen strategic dan dapat di anggap sebagai pilar sentral manajemen strategic.
Ciri-ciri proses perencanaan strategic
Beberapa cirri khas dari proses perencaan strategic adalah
1.      Perencanaan menyangkut jangkauan masa depan dari keputusan-kaputusan yang di buat sekarang.
2.      Perencanaan strategic adalah usaha sistematis formal untuk menggariskan wujud utama dari perusahaan.
3.      Proses perencanaan strategic adalah sarana mengambil keputusan yang paling penting dari perusahaan.
4.      Proses perencanaan strategi merupakan suatu kegiatan manajemen puncak yang berlangsung terus-menerus.
5.      Perencanaan strategic merupakan suatu struktur perencanaan yang mengintegrasikan rencana strategic dengan rencana operasional jangka panjang.
6.      Perencanaan strategic merupakan suatu proses menentukan terlebih dahulu mengenai apa yang akan dilakukan.
7.      Proses perencanaan strategic menghasilkan sebuah dokumen tertulis atas basis berkala
8.      Proses perencanaan strategic merupakan sarana mengambil keputusan yang paling penting bagi suatu perusahaan.
9.      Perencanaan strategic merupakan suatu sikap, way of life” (falsafah), artinya perencanaan meminta suatu kebiasaan dan keharusan untuk  berkerja berdasarkan pikiran-pikiran masa depan.
Pengertian
Strategi (Strategy) berasal dari kata yunani “strategos”, yang bearti jenderal (general) oleh sebab itu, strategi secara harafiah(literally) bearti “seni para jenderal” (the art of the general).menurut George A Steiner dan john, arti strategi sama dengan kebijakan/policy. Pengarang tersebut mengacu misi perusahaan(company missions), tujuan dasar (fundamental purposes), sasaran (overall company objectives/goals) dan kebijakan (basic policies) sebagai strategi induk (master strategis) dan mengacu pada pilihan metoda mencapai misi atau sasaran yang telah di tetapkan sebagai strategi program (program strategies)
Misi organisasi ( organization`s mission ) merupakan tujuan dasar dari organisasi . pada dasarnya misi misi organisasi menggaribawahi apa sebabnya organisasi berada.
Sasaran ( objective ) atau goal adalah suatu pernyataan mengenai apa yang hendak dicapai . sasaran biasanya dapat dikuntifisir , dinyatakan secara sederhana dan dapat diukur.
Tingkatan dan jenis strategi
Ada 3 jenis strategi , yaitu :
1.      Strategis perusahaan ( corporate strategies ), yaitu strategi  disusun pada puncak organisasi yang menyatakan bisnis-bisnis apa yang akan di masuk oleh suatu organisasi.
2.      Strategi bisnis ( business strateg ) yaitu stategi yang memfokuskan bagaimana bersaing  dalam suatu bisnis tertentu.
3.      Strategi fungsional , yaitu berfokus pada jangka pendek , mempunyai perhatian terhadap sub-aktifitas fungsional ( operasi keuangan , pemasaran , sumber daya manusia dan lain-lain).

Karakteristik strategi
Rober H. hayes dan steven c . wheelwright mengidentifikasi 5 sifat pokok strategi yaitu antara lain :
ü  Cakrawala waktu .
ü  Dampak
ü  Pemusatan upaya
ü  Pola keputusan
ü  Peresapan

Cara membuat stratagi
            Pembuat strategi dapat dilakukan dengan cara wiraswata cara adaptif, dan cara prencanaan.
Dalam cara perencanaan , para perencana tingkat puncak mengikuti suatu prosedur sistematik yang mengharuskan mereka mengalisis lingkungan dan organisasi sihingga mereka dapat mengembangkan suatu rencana untuk memasuki masa yang akan datang.
Strategi vs taktik
            Strategi yang berhasil biasanya bukan merupakan keputusan tunggal, akan tetapi merupakan jaringan ,  sub- sub strategi , dan taktik yg saling berkaitan .
George A steiner membedakan strategi taktik sebagai berikut :
§  Tingkat perilaku( level of conduct )
§  Keteraturan ( regularity )
§  Nilai-nilai subyektif
§  Jajaran pilihan
§  Ketidakpastian
§  Kebutuhan informasi
§  Referensi
§  Rincian( detail)
§  Sudut pandang dll
                                                                                                                                                                                                 

No comments: