EVOLUSI TEORI MANAJEMEN
Pemikiran awal tentang manajemen
Orang-orang telah membentuk dan membentuk kembali organisasi selama
berabad-abad. Melihat kembali melalui sejarah dunia, kita bisa melacak
kisah-kisah orang yang bekerja bersama dalam organisasi formal seperti tentara
Yunani dan Romawi, india perusahaan timur, dan Teluk Hudson perusahaan, orang
juga lama menulis tentang bagaimana untuk membuat organisasi yang efisien dan
efektif jauh sebelum istilah seperti " manajemen " datang ke dalam
penggunaan umum .
Sebuah organisasi dengan sejarah panjang . gereja katolik Roma adalah sebuah organisasi dengan struktur
formal dan hirarki yang ada jauh sebelum istilah " manajemen " datang
ke dalam penggunaan umum .
Meskipun aturan ini dimaksudkan untuk memandu strategi militer, mereka
telah digunakan ketika merencanakan strategi untuk melibatkan pesaing bisnis .
Menjaga matahari tzu dalam pikiran saat Anda mempelajari bab tentang strategi
dan perencanaan .
Meskipun tidak Machiavelli maupun matahari tzu mencoba untuk mengembangkan teori manajemen per se , wawasan mereka mengajarkan kita pelajaran penting tentang sejarah . Manajemen bukanlah sesuatu yang berasal dari negara-negara bersatu dalam abad ini . Kita harus hati-hati jangan memakai penutup mata sejarah dan budaya ketika , dari perspektif ini waktu dan tempat tertentu , kita berpikir tentang manajemen organisasi.
Meskipun tidak Machiavelli maupun matahari tzu mencoba untuk mengembangkan teori manajemen per se , wawasan mereka mengajarkan kita pelajaran penting tentang sejarah . Manajemen bukanlah sesuatu yang berasal dari negara-negara bersatu dalam abad ini . Kita harus hati-hati jangan memakai penutup mata sejarah dan budaya ketika , dari perspektif ini waktu dan tempat tertentu , kita berpikir tentang manajemen organisasi.
Sebelum pergi ke
pembahasan kita tentang teori-teori manajemen utama , mari kita luangkan waktu
untuk melihat alasan mempelajari teori manajemen akan membantu Anda memahami
manajemen dan organisasi yang kompleks saat ini .
Teori adalah perspektif mana orang memahami pengalaman dunia mereka . Secara formal, teori adalah kelompok yang koheren asumsi diajukan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih fakta yang dapat diobservasi dan untuk memberikan dasar yang kuat untuk memprediksi kejadian masa depan . John Clancy menyebut perspektif sush " kekuatan tak terlihat " untuk menekankan beberapa kegunaan penting dari teori , yang " tak terlihat " cara di mana kita mendekati dunia kita .
Teori adalah perspektif mana orang memahami pengalaman dunia mereka . Secara formal, teori adalah kelompok yang koheren asumsi diajukan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih fakta yang dapat diobservasi dan untuk memberikan dasar yang kuat untuk memprediksi kejadian masa depan . John Clancy menyebut perspektif sush " kekuatan tak terlihat " untuk menekankan beberapa kegunaan penting dari teori , yang " tak terlihat " cara di mana kita mendekati dunia kita .
pertama, teori memberikan fokus yang stabil untuk
memahami apa yang kita alami . Sebuah teori memberikan kriteria untuk
menentukan apa yang relevan . Untuk henry ford , tenaga kerja yang besar dan
sesuai adalah salah satu faktor yang relevan saat ia berteori tentang bisnisnya
. Dengan kata lain , teori manajemen termasuk, antara lain , asumsi ini tentang
penawaran tenaga kerja. .
Kedua , teori memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara efisien dan dengan demikian pindah ke lebih banyak dan lebih kompleks hubungan dengan orang lain . Bayangkan frustrasi Anda akan hadapi jika , dalam berurusan dengan orang lain , Anda selalu harus menentukan bahkan asumsi yang paling dasar yang Anda buat tentang dunia di mana Anda tinggal ! Karena ford dan manajernya sepenuhnya dipahami teori ford tentang manufaktur mobil , mereka bisa manufaktur mobil , mereka bisa berinteraksi dengan mudah karena mereka menghadapi tantangan sehari- hari .
Ketiga , teori memungkinkan - memang, menantang kita - untuk terus belajar tentang dunia kita . Menurut definisi , teori memiliki batas-batas , hanya ada begitu banyak yang dapat ditutupi oleh salah satu teori . Setelah kita menyadari hal ini , kita lebih mampu untuk bertanya pada diri sendiri apakah ada cara alternatif untuk melihat dunia ( terutama ketika teori-teori kita tampaknya tidak lagi " cocok" pengalaman kami ) dan untuk mempertimbangkan konsekuensi mengadaptasi keyakinan alternatif. Dua kasusinstruktif. .
Evolusi teori manajemen
Kedua , teori memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara efisien dan dengan demikian pindah ke lebih banyak dan lebih kompleks hubungan dengan orang lain . Bayangkan frustrasi Anda akan hadapi jika , dalam berurusan dengan orang lain , Anda selalu harus menentukan bahkan asumsi yang paling dasar yang Anda buat tentang dunia di mana Anda tinggal ! Karena ford dan manajernya sepenuhnya dipahami teori ford tentang manufaktur mobil , mereka bisa manufaktur mobil , mereka bisa berinteraksi dengan mudah karena mereka menghadapi tantangan sehari- hari .
Ketiga , teori memungkinkan - memang, menantang kita - untuk terus belajar tentang dunia kita . Menurut definisi , teori memiliki batas-batas , hanya ada begitu banyak yang dapat ditutupi oleh salah satu teori . Setelah kita menyadari hal ini , kita lebih mampu untuk bertanya pada diri sendiri apakah ada cara alternatif untuk melihat dunia ( terutama ketika teori-teori kita tampaknya tidak lagi " cocok" pengalaman kami ) dan untuk mempertimbangkan konsekuensi mengadaptasi keyakinan alternatif. Dua kasusinstruktif. .
Evolusi teori manajemen
Manajemen dan
organisasi adalah produk sejarah dan sosial kali mereka suatu tempat . Dengan
demikian , kita dapat memahami evolusi teori manajemen dalam hal bagaimana
orang telah bergumul dengan masalah-masalah hubungan pada waktu tertentu dalam
sejarah.
Ilmiah manajemen sekolah
Teori manajemen ilmiah muncul di bagian dari kebutuhan
untuk meningkatkan produktivitas . Di Amerika Serikat khususnya , tenaga kerja
terampil adalah dalam pasokan pendek di awal abad kedua puluh . Satu-satunya cara
untuk memperluas produktivitas adalah untuk meningkatkan efficienty pekerja .
Teori manajemen ilmiah pendekatan manajemen , dirumuskan
oleh frederick w . taylor dan lainnya antara tahun 1890 dan 1930 , yang
berusaha untuk menentukan secara ilmiah metode terbaik untuk memilih ,
pelatihan , dan memotivasi workers.therefore , Frederick w . taylor , henry l .
gantt , dan jujur dan Lillian Gilberth menyusun tubuh prinsip yang dikenal
sebagai teori manajemen ilmiah .
Teori organisasi klasik
Sebuah usaha awal ,
dipelopori oleh henri Fayol , mengidentifikasi prinsip-prinsip dan keterampilan
yang mendasari manajemen yang efektif .
Bureaucray
organisasi dengan struktur formal dan hirarkis dilegalisir ; organisasi
dengan struktur formal dan hirarkis dilegalisir , juga mengacu pada proses
struktural resmi juga mengacu pada proses struktural formal dalam sebuah
organisasi .
perilaku sekolah:
organisasi adalah orang-orang.
perilaku sekolah
sekelompok sarjana manajemen terlatih dalam sosiologi, psikologi , dan bidang
terkait , yang menggunakan pengetahuan mereka yang beragam untuk mengusulkan
cara yang lebih efektif untuk Manege orang dalam organisasi.
Hubungan manusia :
Hubungan manusia :
bagaimana manajer berinteraksi dengan karyawan atau orang
lain yang direkrut .
Hubungan manusia freguently digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan cara di mana manajer berinteraksi dengan karyawan mereka .
Efek Hawthorne :
Hubungan manusia freguently digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan cara di mana manajer berinteraksi dengan karyawan mereka .
Efek Hawthorne :
kemungkinan bahwa
pekerja yang mendapat perhatian khusus akan tampil lebih baik hanya karena
mereka mendapat perhatian bahwa: satu interpretasi studi oleh Elton
mayodanrekan-rekannya.
Teori x :
Teori x :
menurut McGregor ,
pandangan tradisional motivasi yang memegang pekerjaan yang tidak menyenangkan
kepada karyawan , yang harus didorong oleh kekuatan , uang , ataupujian.
.
Teori y :
menurut McGregor ,
asumsi bahwa orang nherently termotivasi untuk bekerja dan melakukan pekerjaan
dengan baik.
Sebuah attidute teori .
Sebuah attidute teori .
Pada Baldrige -
pemenang penghargaan Westinghouse , karyawan spencer douglas mengatakan terbaik
. " Ada begitu banyak kebanggaan di sini dan semua orang di sini ingin
melakukan tes yang sangat mereka. Mereka membenci untuk bekerja pada produk dan
menyebarkannya ke orang berikutnya dan menemukan sesuatu yang mereka tidak
terjawab."
.
Manajemen sains sekolah : Pada awal perang dunia II , besar Inggris sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan sejumlah baru , masalah yang kompleks dalam peperangan . Dengan kelangsungan hidup mereka yang dipertaruhkan, Inggris membentuk penelitian operasional pertama ( OR ) tim . Dengan menggabungkan keahlian matematika , fisika, dan ilmuwan lainnya di OR tim, Inggris mampu mencapai terobosan teknologi dan taktis signifikan.
Manajemen sains sekolah : Pada awal perang dunia II , besar Inggris sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan sejumlah baru , masalah yang kompleks dalam peperangan . Dengan kelangsungan hidup mereka yang dipertaruhkan, Inggris membentuk penelitian operasional pertama ( OR ) tim . Dengan menggabungkan keahlian matematika , fisika, dan ilmuwan lainnya di OR tim, Inggris mampu mencapai terobosan teknologi dan taktis signifikan.
Riset operasi : teknik matematika untuk pemodelan , analisis , dan solusi
dari masalah manajemen , juga disebut ilmu manajemen.
.
Sekolah ilmu manajemen :
Sekolah ilmu manajemen :
mendekati masalah manajemen melalui penggunaan
teknik matematika untuk pemodelan , analisis , dan solusi.
Perkembangan terkini dalam teori manajemen
Semakin lama kita
menggunakan teori yang diberikan , semakin nyaman kita menjadi dengan itu dan
semakin kita cenderung untuk tidak mencari teori alternatif kecuali acara
memaksa kita untuk berubah. Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi apa
generasi mendatang akan belajar , pada saat ini kita dapat mengidentifikasi
setidaknya tiga perspektif tambahan pada teori manajemen yang dapat tumbuh di
penting : pendekatan sistem , pendekatan kontingensi , dan apa yang kita sebut
pendekatan keterlibatan dinamis.
Sistem pendekatan
Sistem pendekatan
manajemen View dari
organisasi sebagai terpadu, sistem diarahkan bagian yang saling berhubungan.
Beberapa konsep kunci.
Banyak konsep teori sistem umum yang menemukan jalan mereka ke dalam bahasa manajemen . Manajers perlu akrab dengan sistem kosakata sehingga mereka dapat mengikuti perkembangan saat ini.
Subsistem :
bagian-bagian yang
membentuk keseluruhan sistem .
sinergi : situasi di mana keseluruhan lebih besar dari segi organisasi parts.in nya , sinergi berarti bahwa departemen yang berinteraksi secara kooperatif lebih produktif daripada mereka akan jika mereka beroperasi dalam isolasi
sinergi : situasi di mana keseluruhan lebih besar dari segi organisasi parts.in nya , sinergi berarti bahwa departemen yang berinteraksi secara kooperatif lebih produktif daripada mereka akan jika mereka beroperasi dalam isolasi
.
Buka sistem :
Sistem yang
berinteraksi dengan lingkungannya .
Sebuah sistem yang tidak berinteraksi dengan lingkungannya : sistem tertutup .
Batas sistem : batas yang memisahkan setiap sistem dari lingkungannya . Ini adalah kaku dalam sistem tertutup , fleksibel dalam sistem terbuka .
Sebuah sistem yang tidak berinteraksi dengan lingkungannya : sistem tertutup .
Batas sistem : batas yang memisahkan setiap sistem dari lingkungannya . Ini adalah kaku dalam sistem tertutup , fleksibel dalam sistem terbuka .
Arus :
komponen seperti
informasi , material, dan energi yang masuk dan meninggalkan sebagaisistem. .
Umpan balik :
Umpan balik :
bagian dari sistem
kontrol di mana hasil dari tindakan dikembalikan ke individu , yang
memungkinkan prosedur pekerjaan yang harus dianalisa dan diperbaiki .
Pendekatan kontingensi ( kadang-kadang disebut pendekatan situasional ) adalah developep oleh para manajer , konsultan , dan peneliti yang mencoba untuk menerapkan konsep sekolah utama situasi kehidupan nyata .
Keterlibatan Dinamis pandangan bahwa waktu dan hubungan manusia yang memaksa manajemen untuk memikirkan kembali pendekatan tradisional dalam menghadapi konstan, perubahan yang cepat.
Pendekatan kontingensi ( kadang-kadang disebut pendekatan situasional ) adalah developep oleh para manajer , konsultan , dan peneliti yang mencoba untuk menerapkan konsep sekolah utama situasi kehidupan nyata .
Keterlibatan Dinamis pandangan bahwa waktu dan hubungan manusia yang memaksa manajemen untuk memikirkan kembali pendekatan tradisional dalam menghadapi konstan, perubahan yang cepat.
.
New lingkungan organisasi ( Bab 3 ) :
New lingkungan organisasi ( Bab 3 ) :
pendekatan
keterlibatan dinamis mengakui bahwa rnvironment organisasi bukanlah beberapa
set tetap, kekuatan impersonal . Sebaliknya, itu adalah kompleks , web dinamis
orang berinteraksi satu sama lain . Akibatnya , manajer tidak hanya harus
memperhatikan kepentingannya sendiri , tetapi juga memahami apa yang penting
bagi manajer lain baik di dalam organisasi mereka dan pada organisasi lain .
Mereka intrach dengan ini manajer lain untuk menciptakan bersama-sama kondisi
di mana organisasi mereka akan berhasil atau berjuang . Teori strategi bersaing
, dikembangkan oleh Michael Porter , berfokus pada bagaimana manajer dapat
mempengaruhi kondisi dalam suatu industri ketika mereka berinteraksi sebagai
saingan , pembeli , pemasok , dan sebagainya. Variasi lain pada pendekatan
keterlibatan dinamis, terutama dikemukakan oleh Edward dan jean garner manfaat
dalam pengelolaan foa sebuah planet kecil , menempatkan keprihatinan ekologi di
pusat teori manajemen.
Etika dan tanggung jawab sosial ( pasal 4 ) :
manajer menggunakan
pendekatan keterlibatan dinamis memperhatikan nilai-nilai yang memandu dalam
organisasi mereka , budaya perusahaan yang mewujudkan nilai-nilai , dan
nilai-nilai yang dipegang oleh orang-orang di luar organisasi . Idenya datang
ke menonjol dengan publikasi pada tahun 1982 dari mencari keunggulan oleh
Thomas Peters dan Robert Waterman . Dari penelitian mereka " sangat baik
" perusahaan , Petter dan Robert sampan menyimpulkan bahwa " top
performer membuat luas, semangat , budaya bersama , kerangka yang koheren
dimana biaya - up orang mencari adaptasi yang tepat . Robert Solomon telah
mengambil ide ini selangkah lebih maju ,
dengan
alasan bahwa manajer harus melatih keberanian moral dengan menempatkan nilai
keunggulan di bagian atas agenda mereka . Dalam keterlibatan dinamis, tidak
cukup bagi manajer untuk melakukan hal-hal cara mereka selalu memiliki , atau
harus puas dengan pencocokan pesaing mereka . Terus berusaha menuju
kesempurnaan telah menjadi tema organisasi tahun 1990-an . karena nilai-nilai ,
termasuk keunggulan, adalah konsep-konsep etika , pendekatan keterlibatan
dinamis bergerak etika dari pinggiran teori manajemen untuk jantung itu.
.
Globalisasi dan manajemen ( bab 5 ) :
Globalisasi dan manajemen ( bab 5 ) :
pendekatan keterlibatan dinamis mengakui bahwa dunia adalah
di depan pintu manajer pada 1990-an . dengan pasar keuangan dunia berjalan 24
jam sehari , dan bahkan pelosok planet hanya panggilan telepon pergi , manajer
menghadapi abad kedua puluh satu harus menganggap diri mereka sebagai citiziens
global. Kenichi Ohmae membuat titik ini karena ia menggambarkan
"borderless " dunia di mana manajer memperlakukan semua pelanggan
sebagai " berjarak sama " dari organisasi mereka . Sebuah
perbandingan sederhana menggambarkan bagaimana hal telah berubah . Jika Anda
adalah untuk melihat melalui otobiografi Alfred Sloan tentang kariernya yang
panjang sebagai general motor ketua melalui tahun 1940-an , Anda akan menemukan
sangat littleb mengenai faktor - dengan internasional alasan yang baik dalam
waktu dan tempat . Hari ini , namun, jika Anda menyetel ke siaran CNN Anda akan
melihat bahwa wartawan tidak menggunakan kata " asing" sama sekali.
Atau , pertimbangkan poster di dinding dealer Honda , yang mengatakan ide
tentang " mobil Amerika " tidak masuk akal di era ketika satu mobil
berisi suku cadang yang dibuat oleh orang-orang dari seluruh dunia .
Menciptakan dan menciptakan kembali organisasi ( Bab 6 ) :
manajer yang
mempraktekkan keterlibatan dinamis terus mencari cara untuk mengeluarkan
potensi kreatif karyawan mereka dan diri mereka sendiri . Sebuah paduan suara
yang tumbuh dari teori mendesak manajer untuk memikirkan kembali struktur
organisasi standar yang mereka telah menjadi terbiasa . Peters sekali lagi di
garis depan . Konsep " manajemen liberasi " menantang jenis struktur
organisasi yang kaku yang menghambat kreatifitas orang . Pahlawan Petrus succed
terlepas dari struktur tersebut . Michael palu dan james Champy telah membuat
konsep mereka tentang " rekayasa ulang korporasi " menjadi buku
terlaris . Hammer dan Champy mendesak manajer untuk memikirkan kembali proses
yang sangat dimana fungsi organisasi dan berani tentang proses yang mendapatkan
di jalan efisiensi organisasi menggantikan .
Budaya dan multikulturalisme
(Bab
7):
manajer yang menganut
pendekatan
keterlibatan
dinamis
mengakui bahwa
berbagai
perspektif dan
nilai-nilai yang
orang dari latar
belakang budaya
yang berbeda membawa
organisasi
mereka
mot
hanya
kenyataan hidup
tapi sumber
signifikan dari kontribusi.
Joanne martin telah merintis analisis budaya organisasi .
Dia menjelaskan bagaimana perbedaan menciptakan tantangan baru bagi manajer
moderm . Charles taylor adalah pendukung promiment dari apa yang disebut "
komunitarian " movement.taylor mengklaim bahwa orang dapat melestarikan
rasa keunikan - otentisitasnya- hanya dengan menilai apa yang mereka pegang
bersama dan ingin memperluas apa yang mereka yakini bersama dalam organisasi
dan komunitas di mana mereka live.cornel barat menarik perhatian kita untuk
budaya yang berbeda dengan mereka judul bukunya , hal ras. Martin , taylor ,
dan barat semua ingin kita untuk melihat manfaat yang datang dari menyambut dan
memahami perbedaan antara orang-orang . Namun , tidak satupun dari mereka
mengatakan bahwa penerimaan budaya yang berbeda akan mudah . Multikulturalisme
adalah target bergerak karena semakin banyak orang menjadi sadar akan tradisi
budaya tertentu dan dasi . Berikut ini adalah di mana kedua "
dinamis" dan " keterlibatan " jelas datang bersama-sama seperti
kita membayangkan organisasi dari abad kedua puluh satu .
Kualitas ( Bab 8 ) :
dengan pendekatan keterlibatan dyanamic , manajemen
kualitas total ( TQM ) harus dalam kosakata setiap manajer . Semua manajer
harus berpikir tentang bagaimana setiap proses organisasi dapat dilakukan untuk
memberikan produk dan layanan yang bertanggung jawab untuk lebih keras dan
lebih tangguh pelanggan dan standar kompetitif . Hubungan yang kuat dan
langgeng dapat produk sampingan berbuah "kualitas " kerangka pikiran
dan tindakan, dengan pandangan ini . Manajemen mutu total menambah satu dimensi
lebih dinamis kepada manajemen , karena kualitas juga , selalu target yang
bergerak.
Keterlibatan Dinamis adalah contoh dari perubahan wajah teori manajemen . Tidak semua orang yang telah kita bahas dalam ikhtisar ini dari pendekatan keterlibatan dinamis menyebut dirinya seorang ahli teori manajemen . Beberapa filsuf dan beberapa ilmuwan politik. Seperti kita membawa bab ini untuk menutup , kami ingin menunjukkan pelajaran penting dalam lineup ini teori keterlibatan dinamis. Pendekatan keterlibatan dinamis menantang kita untuk melihat organisasi dan manajemen sebagai bagian integral dari masyarakat global modern . Ini tidak selalu prinsip teori manajemen . Begitu pintu dibuka antara organisasi dan dunia yang lebih besar , bagaimanapun, banyak pengaruh baru bisa datang untuk menanggung pada pertanyaan tentang teori manajemen dan hubungan.
Keterlibatan Dinamis adalah contoh dari perubahan wajah teori manajemen . Tidak semua orang yang telah kita bahas dalam ikhtisar ini dari pendekatan keterlibatan dinamis menyebut dirinya seorang ahli teori manajemen . Beberapa filsuf dan beberapa ilmuwan politik. Seperti kita membawa bab ini untuk menutup , kami ingin menunjukkan pelajaran penting dalam lineup ini teori keterlibatan dinamis. Pendekatan keterlibatan dinamis menantang kita untuk melihat organisasi dan manajemen sebagai bagian integral dari masyarakat global modern . Ini tidak selalu prinsip teori manajemen . Begitu pintu dibuka antara organisasi dan dunia yang lebih besar , bagaimanapun, banyak pengaruh baru bisa datang untuk menanggung pada pertanyaan tentang teori manajemen dan hubungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar