BAHASA
INGGRIS
Sekolah : SMP
Alamat :
Kelas/Semester :VII/ 1
Materi Pokok :
interpersonal teks
Keterampilan
(fokus) : Listening and speaking
Topik :
Greeting and introduction /Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru
dan siswa
selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 4 kali pertemuan)
A. KOMPETENSIINTI
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASARDAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
KD 1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
KD 2.2
Menunjukkanperilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
KD
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
KD 3.2
Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaanpadaungkapanperkenalandiri, sertaresponnya,
sesuaidengankontekspenggunaannya.
KD
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulissederhana
untuk menyatakan,
menanyakandanmeresponperkenalandiri, denganmemperhatikanfungsi social,
strukturteks, danunsurkebahasaan yang benardansesuaikonteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.2
1.Mengindentifikasi ( C1 ) ungkapan- ungkapan dalam teks perkenalan diri dan responnya yang
biasa
dipakai dalam kehidupan sehari –hari.
2.memberi
contoh
(C2) ungkapan perkenalan diri dan responnya
KD 4.2
1.mencoba ( P2 ) ungkapan
perkenalan diri yang di ucapkan oleh guru.
2. Menunjukkan (p) ungkapan-ungkapanperkenalandirididalamkehidupansehari-hari.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Kognitif(ref. KD 3.2)
·
Siswadapatmenyebutkan(C1)fungsisosialstrukturteks,
danunsurkebahasanpadaungkapanperkenalandiri,sertaresponnya,
sesuaidengankontekspenggunaannya.
·
Siswadapatmenunjukkan(C2)Fungsisosial, strukturteks,
dan unsur kebahasaanpadaungkapanPerkenalandiri, sertaresponnyasesuaidengankontekspenggunaanya.
2.
Psikomotor(ref. KD 4.2)
·
Siswa
dapat menunjukkan (P2) teks lisan untuk menanyakan dan merespon
perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
·
Siswa
dapat menyusun (P2) teks tulis untuk menanyakan dan merespon
perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan
interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
·
Hello my name is Sarah. I live in...( formal)
·
I ‘m Rico and you? (
informal)
·
How do you spell your
name?
Unsur kebahasaan
· Kosa kata,
· Tata bahasa be, am, is, are
· Kata ganti : I, he, she, they, you, we, it
· Kata ganti kepunyaan :
my, your, his, her, their etc
· tekanan kata, dan intonasi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Ilmiah
Langkah Pembelajaran : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
Mengasosiasikan,mengkomunikasikan
Model/Teknik :
Communicative approach/ Role – Play, scramble
Strategi : inquiry-based instruction (exploration, elaboration, confirmation)
F.
MEDIA
, ALAT, SUMBERPEMBELAJARAN
Media:
Video, Contoh
teks tertulis, Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
Alat:
Laptop, in focus
Sumber Belajar : Buku teks
Bahasa Inggris : English Ring The Bell
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu:
1.
Pendahuluan (5 menit)
a) Salam dan tegur sapa, berdoa
b) Apersepsi
1)
Guru menyapa peserta didik dengan sapaan “Good Morning”.
2)
Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada
peserta didik tentang ungkapan perkenalan dalam rangka memberikan konteks real
terhadap materi yang akan dipelajari.
3)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Inti
(70 menit)
untuk lebih lanjut RPP BAHASA INGGRIS K13 SMP DAN SMA, yang full review, silakan Hub alamat email saya ahmadi.nanda1990@gmail.com
sekian terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar